Tip Cara Mengatasi Meriang, Demam, Flu dan Masuk Angin


Tip Cara Mengatasi Meriang, Demam, Flu dan Masuk Angin - Rasanya sangat tidak mengenakan jika sudah mulai ada gejala-gejala badan meriang, tenggorokan gatal dan hidung mulai tersumbat. Ini adalah gejala awal sakit flu. Biasanya ternjadi karena peralihan musim dari musim panas ke musim hujan atau pun sebaliknya. Badan meriang juga bisa di picu karena kecapekan dan kurang istirahat, kurang tidur, sering begadang atau karena habis keluar malam dan masuk angin, tiba-tiba bangun pagi sudah mendapatkan badan meriang.

Bagaimana mengatasi gejala-gejala seperti di atas ?, berikut adalah beberapa tip Cara Mengatasi Meriang, Demam, Flu dan Masuk Angin.

  1. Konsumsi zinc. Zinc, atau seng, termasuk mineral penting yang dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan sempurna. Seng juga mendorong sistem kekebalan kita. Ketika kita mengalami flu, para peneliti yakin obat batuk yang mengandung seng bisa membantu menghentikan replikasi virus hingga separuhnya. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral ini secara alami, kita perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung seng, seperti tiram, kepiting, tenderloin, udang (dikukus atau direbus), jamur, atau bayam. Namun studi menunjukkan bahwa seng hanya bekerja bila dikonsumsi secepatnya begitu gejala flu muncul. Jadi, begitu hidung meler alias "sentrap-sentrup", segera minum obat batuk yang mengandung zinc dan konsumsi makanan-makanan tersebut.
  2. Segera istirahat. Anda tak perlu mengurung diri di kamar, yang penting beristirahat. Ketika Anda merasakan tanda-tanda flu bakal menyerang, jangan diabaikan. Coba atur kembali jadwal kegiatan Anda, dan ganti dengan istirahat di tempat tidur. Tak apa-apa kan, jika harus menunda acara nonton bersama teman-teman, ketimbang sakit belakangan? Atau, jika biasanya sebelum tidur Anda memuaskan diri untuk nonton televisi atau browsing internet, sekarang cobalah tidur lebih cepat.
  3. Banyak minum air putih dan teh. Sudah banyak pengalaman dari teman-teman yang mengatakan bahwa cara paling mudah menghentikan gejala flu adalah minum air putih sesering mungkin. Untuk memastikan tubuh terhidrasi, air putih memang pilihan terbaik. Hindari minuman yang manis atau bersoda. Anda juga bisa minum teh hangat atau panas, tanpa gula. Pilih jenis teh yang melawan batuk, seperti teh jahe.
  4. Berkumur dengan air garam. Cara ini tidak hanya mampu meringankan gejala flu, tetapi juga membantu mencegahnya. "Larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuatnya tidak begitu sakit," papar Dr Philip T. Hagen, pemimpin redaksi Mayo Clinic Book of Home Remedies, seperti dikutip harian The New York Times. Berkumur juga akan mengencerkan lendir yang kental, yang bisa menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur, dari tenggorokan.
  5. Terapi merendam kaki dengan air hangat dan garam. Cara ini banyak di gunakan orang dan memang terbukti ampuh untuk mengurangi bahkan menyembuhkan meriang, demam dan flu. Bagaimana caranya bisa di lihat di artikel lainnya yang berjudul "Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam"



Artikel lainnya Tentang Meriang, Demam dan Flu:



Demikian tip dan cara - cara untuk mengatasi gejala-gejala karena badan meriang, demam, flu dan masuk angin. Silahkan di coba, jika masih mengalami sakit segera mungkin pergi ke dokter.

-----------------
Sedang berpuasa ? dan sering megantuk di saat puasa ?, Jangan lupa baca artikel berikut :
Tip dan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa | All of about gadgets

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel